Tip Menjaga Bisnis Restoran Agar Tak Sepi Pengunjung

Plating atau penyajian makanan sedikit banyak mempengaruhi selera dari pelanggan. Bahkan, konsep plating yang Anda gunakan pun berpotensi untuk menarik calon pelanggan. Mengingat kini banyak orang yang mencari referensi kuliner lewat media sosial berbagi foto seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Dengan plating yang menggugah selera, maka calon konsumen pun akan semakin tertarik untuk datang ke restoran.

Saat banyak yang ketar-ketir di tahun politik, ternyata ada sisi positif untuk bisnis tertentu seperti restoran. Demi meraih hasil optimal, sebaiknya kamu memahami segala hal yang perlu anda ketahui untuk mengurus izin usaha restoran di Jakarta tahun 2019. Menampilkan berbagai infromasi kontak restoran, alamat, juga tautan media sosial. Memamerkan menu restoran anda di dalam daftar juga tabel dengan jelas dan mudah dilihat oleh pengguna saat memilih menu. Untuk peta restorant bisa memanfaatkan hyperlink dan embed code dari Google Map juga.

Untuk sementara, kami baru bisa memetakan izin restoran untuk wilayah Jakarta. Bisa jadi izin restoran di wilayah lain proses dan persyaratannya mirip dengan Jakarta karena beberapa peraturan yang dijadikan acuan adalah peraturan atau keputusan menteri yang artinya berlaku secara nasional. Jadi Anda tinggal mempelajari peraturan daerah setempat misalnya peraturan gubernur yang mengatur mengenai izin usaha restoran. Setelah menentukan goal pasar, langkah kedua membuka bisnis restoran berkelas dunia yang perlu Anda lakukan adalah menentukan konsep layanan restoran. Yang pertama, tentukan apakah restoran Anda merupakan layanan cepat saji, restoran kasual , restoran keluarga, restoran etnis tertentu, dll. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuka bisnis restoran adalah menentukan goal pasar.Target pasar yang berbeda akan menentukan perlakuan yang berbeda pula.

Membuat Restoran

Baik dari segi konsep makanan, inside restoran, hingga strategi pemasaran yang akan digunakan. Sistem Online Single Submission diyakini akan menjadi solusi pelaku usaha yang ingin mendapatkan izin usaha. Meski demikian, ada beberapa izin usaha yang prosesnya tetap dilakukan di luar OSS misalnya untuk sektor keuangan dan perbankan. Banyak restoran menangani transaksi dalam sejumlah besar, baik dalam bentuk money dan transaksi kartu kredit setiap harinya. Semakin sukses sebuah restoran, semakin banyak pula transaksi yang dilakukan.

Untuk menjalankan usaha restoran maka perizinan yang harus dimiliki adalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata . Kalau untuk membuat perusahaan yang kegiatan usahanya umum, misalnya jasa konsultasi manajemen, maka setelah mendirikan perusahaan, perizinan berikutnya yang perlu diurus adalah SIUP dan TDP . Jika sudah memperoleh TDUP maka dapat mengurus Tanda Daftar Perusahaan (“TDP”). Setiap bentuk perusahaan baik perorangan, badan usaha ataupun badan hukum memiliki karakteristik serta kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya bentuk perusahaan yang berbadan hukum memiliki karakteristik adanya pemisahan harta antara perusahaan dengan pemilik perusahaan atau pemegang saham.