Pentingnya Kearsipan Bagi Organisasi Atau Lembaga

Ia mengemukakan konsep organisasi menjadi tujuh konsep yang dijelaskan sebagai berikut. Salah satu tujuan dari pengendalian organisasi adalah untuk membantu departemen bekerja lebih baik secara bersama. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat prosedur komunikasi khusus, pertemuan antar departemen mingguan dan memo manajemen reguler. Untuk meningkatkan kinerja masing-masing karyawan, manajemen perlu membagikan bagan organisasi terperinci, sehingga semua orang tahu dengan siapa akan melapor.

Oleh karena itu setiap jaringan atau individu yang menduduki jabatan tertentu akan menjalankan tugas serta melaksanakan fungsi jabatannya masing-masing dalam organisasi. Fungsi ini dilakukan oleh pemimpin organisasi untuk mempersuasi anggotanya daripada memerintah anggotanya untuk melakukan sesuatu. Fungsi persuasi dianggap dapat mempermudah, karena cara yang lebih halus akan lebih dihargai oleh anggota tersebut terhadap tugas yang diberikan. Fungsi informatif, fungsi yang pertama ini dijelaskan oleh Sendjaja bahwa organisasi bertindak sebagai suatu sistem yang memproses informasi. Proses informasi yang hadir dalam organisasi tersebut diharapkan mampu memberikan dan menerima informasi dengan baik untuk tercapainya kelancaran dalam organisasi tersebut. Contohnya,upaya mengubah suatu visi yang sudah ada sejak organisasi tersebut muncul.

Perlu ada bagian tersendiri untuk mengelola semua information penting perusahaan. Bila sudah pada kondisi demikian, pengelolaan arsip harus menerapkan manajemen arsip. Sebagai Super Financial App, KoinWorks menyediakan layanan interfacing sebagai penghubung pihak yang ingin melakukan kegiatan finansial, baik dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi atau produk finansial lainnya. Melalui weblog ini kami ingin memberikan suggestions jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu.

Untuk mencapai tujuan diperlukan tindakan yang dirumuskan melalui perencanaan. Jadi, perencanaan sebenarnya bukan saja menjadi langkah awal, namun menjadi patokan atau standar dalam menjalankan sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi yang menganut sistem apapun pasti akan mengawali setiap kegiatannya dengan fungsi perencanaan. Dalam menetapkan tujuan pribadi, diperlukan karakter yang kuat, terutama bila tujuannya berbeda dengan norma masyarakat. Adalah hal yang mustahil bila kita harus memimpin dengan tujuan yang dibebankan oleh orang lain pada kita. Seorang manajer bisa memandu bawahannya yang akan menetapkan tujuannya sendiri dalam organisasi tersebut karena bagaimanapun tujuan pribadi hendaknya tidak bertentangan dengan tujuan organisasi.

Manajer juga harus mampu mengelompokkan berbagai komponen menjadi struktur organisasi yang teratur. Fungsi ini bertujuan untuk membagi kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil. Dengan melakukan fungsi ini, manajer akan lebih mudah melakukan pengawasan dan menentukan karyawan yang kompeten.

Pentingnya suatu tujuan

Setiap warga negara mulai saat dilahirkan sampai dengan meninggal dunia, menikmati fasilitas atau pelayanan dari pemerintah yang semuanya dibiayai dengan uang yang berasal dari pajak. Dengan demikian jelas bahwa peranan penerimaan pajak bagi suatu negara menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembiayaan pembangunan. Oleh karena itu, ada dua kunci utama yang dapat digunakan untuk mengakselerasi tercapainya tujuan, pertama, bagaimana kita menetapkan indikator yang berkualitas, kedua bagaimana kita mencapainya dengan disertai kesadaran diri.

Manajemen stock dapat sangat membantu untuk memastikan ketersediaan bahan baku. Karenanya diperlukan suatu cara yang kini disebut dengan determination assist system , yaitu sistem komputer yang dapat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan yang relatif tepat dan cepat. Menurut Pakar, Anwar , manajemen knowledge yang efektif merupakan karakteristik yang perlu diperhatikan dalam sistem informasi. Hal yang perlu dicermati meliputi waktu meng up-date file, keakuratan dalam input information, pemeliharaan kesatuan information yang disimpan dalam sistem, keperluan keamanan data yang sudah digunakan, serta fasilitas back-up information yang baik. Namun mengingat kenyataan yang ada di masyarakat dewasa ini ditengarai masih adanya oknum Aparatur Sipil Negara yang tidak melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab. Penilaian ini didasarkan persepsi/penilaian masyarakat masih adanya Aparatur Sipil Negara yang cenderung menghambur-hamburkan pengeluaran uang negara, rendahnya motivasi dan disiplin dalam bekerja serta kurang produktif dalam melayani masyarakat.

Misalnya, anda menargetkan penjualan produk ABC naik 10% dan produk XYZ naik 5% di tahun depan. Menyelesaikan tantangan terbesar pekerjaan terlebih dahulu, membuat kita merasakan pekerjaan sisanya menjadi lebih mudah. Untuk itu, harus saling mengingatkan karena manusia itu pasti ada sisi baiknya.