Mengambil Hikmah Idul Adha Di Masa Pandemi

“Ada satu hal yang harus kita sadari bahwa setiap pengorbanan yang kita lakukan pasti ada ujian kesabaran di dalamnya, baik itu sesuatu yang kita senangi maupun hal yang tidak kita senangi. Demikian penjelasan Syarifaturrahmatullah, M.Pd., saat menjelaskan salah satu Hadist Rasulullah SAW. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk bisa lulus ujian manusia harus berjuang, berkorban, bersabar dan ikhlas, baik dalam bentuk kesenangan maupun kesusahan.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Hal senada disampaikan Halim Abe yang mengaku ikut membantu anak-anak dalam pembelajaran daring. Secara khusus, ia menyoroti masalah ketersediaan jaringan yang tidak merata di seluruh gampong. “Mungkin kalau di Lhokseumawe tidak terkendala, tapi berbeda dengan Aceh Utara yang kualitas jaringan tidak merata di seluruh kecamatan,” tandas Halim. Sejalan dengan hal diatas, bagi kita di institusi pendidikan tinggi, kejadian pandemic corona ini telah memberikan hikmah dan spirit yang luar biasa.

Hal ini juga sekaligus mengajarkan kita untuk hidup berempati sosial pada lingkungan sekitar yang mungkin hidupnya lebih kurang beruntung dari kita. Dengan berwakaf yang digunakan untuk kepentingan umum, masyarakat akan merasakan manfaat yang sama. Orang yang kekurangan bisa menikmati sarana-sarana publik yang lebih baik, dan orang yang lebih berada juga bisa berbagi.

Penguasaan siswa maupun guru terhadap teknologi pembelajaran yang sangat bervariasi, menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Dengan adanya kebijakan Work From Home , maka mampu memaksa dan mempercepat mereka untuk menguasai teknologi pembelajaran secara digital sebagai suatu kebutuhan bagi mereka. Tuntutan kebutuhan tersebut, membuat mereka dapat mengetahui media online yang dapat menunjang sebagai pengganti pembelajaran di kelas secara langsung, tanpa mengurangi kualitas materi pembelajaran dan goal pencapaian dalam pembelajaran.

Dirjen Ismail menilai hal itu menjadi suatu tantangan yang luar biasa buat Indonesia dan Kominfo akan mengawali proses transformasi digital nasional dengan sebaik-baiknya. “Dan tentu saja kita selalu senantiasa berdoa memohon agar kita semua diberikan kekuatan dalam menjalankan tugas dan fungsi kita sebaik-baiknya. Selamat memperingati Nuzulul Quran 1422 Hijriah, semoga kita senantiasa mendapatkan pembelajaran yang positif dari setiap kejadian yang luar biasa.

Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam (SAW.) dilahirkan di Makkah pada hari Senin 12 Rabiul Awal bertepatan dengan tahun Gajah atau 23 April 571 Masehi. Abdullah adalah putra dari Abdul Mutholib yang merupakan pemimpin suku Quraisy. Membawa perubahan besar dari mulai zaman jahiliyah sampai ke zaman islamiyah. Beliau menyerukan kepada seluruh umat manusia untuk berada di jalan Allah Swt. Yang mana merupakan jalan yang lurus, jalan kebenaran, jalan tauhid. Oleh karena itu, kelahiran beliau merupakan salah satu peristiwa penting untuk dirayakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Indikasinya, munculnya spirit untuk terus berkreasi, memperbaiki, dan mengeksplorasi strategi dan teknologi yang pas dengan kondisi siswa dalam pembelajaran daring. Dengan berwakaf, kita belajar bahwa harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan lewat kehidupan di dunia. Wakaf membantu kita untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

Tahukah tuan beda antara sang Ibu yang menangisi putrinya yang wafat dan wanita yang dibayar untuk menangis? Kalau tuan tahu membedakannya, maka begitu pulalah kiranya perbedaan antara beragama dengan benar dan beragama secara tiruan. Dalam agama tiruan, shalat hanya gerak tubuh belaka, haji hanya perjalanan tamasya, tiada lain, upacara ritual hanya bak adegan sandiwara. Deni mengkritisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak siap menggelar pembelajaran daring. Menurut Deni, Dinas Pendidikan perlu memberikan pelatihan kepada guru dan sekolah diharapkan sering berkoordinasi dengan orang tua murid.

Ia merupakan sumber kebenaran yang mutlak yang tidak ada keraguan di dalamnya dan menjadi pedoman hidup untuk seluruh umat manusia di alam semesta ini. Oleh karena itu, di samping al-Qur’an mampu menyelami masa silam, dan muncul dipermukaan sekarang ini, juga mampu menjangkau masa yang akan datang. Penegakan hukum dan keadilan ini ialah wujud kesejahteraan manusia lahir dan batin, sosial dan ethical. Kesejahteraan rakyat lahir batin, terutama terjaminnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat, yaitu sandang, pangan, papan, rasa keamanan dan keadilan, serta kebebasan beragama/kepercayaan. Cita-cita keadilan sosial ini harus diwujudkan berdasarkan UUD dan hukum perundangan yang berlaku dan ditegakkan secara melembaga berdasarkan UUD 1945.

Kita tidak akan pernah mendapatkan kenikmatan menjadi ummat rasul jika kita tidak pernah menjalankannya. Untuk ibadah puasa akan membuat kita semakin bermakna dan nikmat menjadi ummat Rasulullah SAW. Karena ada nyamuk yang menyebar penyakit, ada dokter yang mendapat pekerjaan mengobati. Ada pula pembuat obat yang sampai bisa membuat perusahaan, yang menggaji banyak orang.