Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Platform Online Untuk Mendorong Umkm Di Tengah Pandemi

3.Jika sudah tergabung ke LINK UMKM, pelaku UMKM dapat menikmati berbagai fitur yang bertujuan membawa UMKM Indonesia naik kelas melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu. Setelah terdaftar, nasabah dapat melakukan self evaluation utk mengetahui kelas usahanya, mengikuti berbagai pelatihan menarik, mendapat tips/konsultasi usaha, mengetahui lokasi Rumah BUMN di sekitar kita, dll. Kemudahan dalam mengecek transaksi rekening bisa dirasakan lewat aplikasi ini. Kemudahan untuk melakukan transaksi hanya melalui smartphone Anda dijembatani melalui aplikasi ini. [newline]Setelah membuka rekening secara on-line, nasabah dapat datang ke unit kerja BRI yang dipilih saat membuka rekening untuk mencetak buku Tabungan dan mendapatkan kartu ATM.

Chip ini memungkinkan data selalu aman melalui fitur enkripsi, bahkan tidak dapat diakses meski SSD atau HDD yang ada di dalamnya dipindahkan ke perangkat lain. Selain itu, ExpertBook B1400 dilengkapi dengan sistem dual-storage yang menggabungkan kecepatan dan kapasitas penyimpanan data yang luas karena dapat di-upgrade. Anda dapat menggunakan SSD dan HDD bersamaan, sehingga menjamin performa yang kencang namun tetap memiliki kapasitas penyimpanan yang lega. “Lini ExpertBook merupakan bukti dedikasi ASUS di bidang bisnis, korporasi, dan sektor pendidikan. ASUS ExpertBook B1400 kali ini tampil bukan hanya sebagai sekadar sebuah laptop computer, tetapi juga perangkat operasional yang selalu dapat diandalkan,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Kemudian KUR 1,2 juta orang, retail 90 ribu orang, konsumer 30 ribu orang dan menengah korporasi sixty nine ribu,” tuturnya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah, BRI terus menyalurkan Kredit Usaha Rakyat untuk menjaga roda perekonomian terus berputar. Hingga akhir Mei 2020 tercatat BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp 47,four triliun kepada lebih dari 1,7 juta pelaku UMKM. Namun, dampak pandemi Covid-19 yang kini menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia, telah membuat pelaku UMKM saat ini tengah menghadapi tekanan yang sangat berat. Pandemi ini telah membuat mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana biasanya. Selain itu, UMKM akan dibukakan akses pasar pengadaan langsung di kementerian/lembaga (K/L) hingga Rp321 triliun hingga akhir 2020, dan kelima, ikut dan berkontribusi dalam gerakan dua mingguan oleh K/L terkait.

Pelaku usaha memiliki jangka waktu maksimal 5 tahun dengan dana yang fleksibel. Biasanya debitur menggunakan pembiayaan ini untuk pengembangan usaha yang sudah berjalan. Fasilitas kredit UKM yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.

Membuat sebuah fasilitas untuk mendukung UMKM

Namun tidak semua pelaku UMKM mampu untuk mengembangkan usaha, banyak sekali issue yang membuat para pelaku umkm tidak dapat mengembangkan usaha seperti informasi untuk mendapatkan pelatihan, tidak ada pendampingan dari professional, dan lainnya. Oleh karena itu salah satu fitur yang menjadi unggulan dari Simpedes itu adalah memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM, mulai dari pelatihan menggunakan Aplikasi Link UMKM, pendampingan oleh para expert, perbaikan usaha, sampai pemasaran. Para pendiri perusahaan Perseroan Terbatas harus memiliki NPWP atas nama pemilik perusahaan. Apabila salah satu pemilik saham adalah juga merupakan sebuah badan hukum , maka yang dilampirkan adalah NPWP badan atas nama Koperasi atau PT tersebut.

Bahkan, Pasal 97 aturan itu menyebutkan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib mengalokasikan paling sedikit 40% produk/jasa UMK serta Koperasi dari hasil produksi dalam negeri. Karena struktur dana pihak ketiga yang dihimpun sangat khas, secara umum kondisi likuiditas BPD-BPD di seluruh Indonesia berada dalam kondisi yang sehat dan tidak terkena dampak krisis likuiditas. Kondisi likuiditas yang aman tak hanya menyediakan ruang bagi Bank BPD DIY untuk dapat tetap menggenjot kredit, namun juga masih memiliki peluang untuk memperoleh return yang kompetitif dari bentuk investasi yang lain, seperti penempatan dana antarbank atau Sertifikat Bank Indonesia . Saat ini, bank-bank berskala nasional asli Jakarta sedang “berpesta” memperebutkan lezatnya pasar pembiayaan mikro. Namun, saat ini “pesta” itu sedang mereda karena minimnya likuiditas sebagai akibat krisis.