Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi

Hal ini karena tubuh kita beristirahat dari segala macam makanan atau minuman yang tidak sehat serta dibatasi agar tidak banyak makan berlebihan. Bahkan, para pakar kesehatan banyak merekomendasikan orang-orang yang sedang mengalami penyakit tertentu untuk melakukan puasa. Dengan berpuasa kita pun juga dapat melatih untuk hidup sederhana. Ketika berpuasa kita tidak banyak untuk membeli makanan atau minuman, dan menahan diri dari segala hal duniawi.

Untuk itu, menjalankan ibadah puasa sunnah tentunya sebagaimana hadis di atas, akan mendapatkan banyak sekali kebaikan termasuk mampu menahan diri dan kebahagiaan lainnya yang dapat dirasakan oleh ummat islam yang menjalankannya. Wakaf banyak digunakan untuk mendirikan sarana seperti sekolah, yayasan pendidikan, asrama, dan fasilitas umum lain. Hal ini sangat membantu meningkatkan pembangunan negara lewat bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam menyelesaikan tugas pada siswa, juga dapat menimbulkan kreativitas dikalangan siswa dalam mengembangkan pengetahuan yang telah mereka miliki.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Nadiem mengingatkan bahwa pendidikan yang efektif tak akan berhasil tanpa peran guru, orangtua, dan siswa itu sendiri. Maka sosialisasi kebijakan dan alasan peniadaan keberangkatan jamaah haji dari luar Arab Saudi dan menenangkan umat secara mental religious dalam bingkai pemahaman maqashid syariah perlu dilakukan. Maqashid syariah tidak hanya dalam konteks ibadah, tetapi seyogianya menjadi inspirasi pengambilan keputusan di segala bidang kehidupan ketika seorang Muslim dan pemimpin Muslim harus menentukan pilihan kebijakan menyangkut kepentingan orang banyak. Fuad menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji sebagai mahkota ibadah dalam Islam dan cita-cita seumur hidup umat Islam di manapun, tidak seratus persen ditentukan oleh manajemen dan kemampuan manusia mengaturnya. Tetapi terdapat faktor X di luar perencanaan manusiawi yang perlu disadari.

Tidak sedikit dari kita yang lebih peduli dengan sekitar akibat adanya bencana ini. Hal-hal seperti ini mungkin tidak akan dilakukan jika bencana ini tidak terjadi. Tak berhenti di situ, memasuki awal Maret, masyarakat dikejutkan dengan pengumuman kasus Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia.

Kita sebagai pendidik harus memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Dalam bulan ini terang beliau ada dua peristiwa dan ibadah besar yaitu ibadah Haji, dan ibadah Qurban. Umat Islam diharapkan dapat mengambil hikmah dari dua peristiwa diatas yaitu dari keluarga Nabi Ibrahim yang senantiasa taat dalam menjalankan perintah Allah SWT. Fuad menerangkan, perlindungan dapat dipahami mencakup kondisi perjalanan dan selama di tanah suci yang harus aman dan selamat. Sementara pandemi Covid-19 yang belum terkendali, membahayakan kesehatan, keamanan dan keselamatan jiwa. Pemerintah punya kewajiban melindungi keselamatan warga negara, baik di dalam maupun di luar negeri.